Imam Roos Wahyudi

Adalah suami dari Saktyawati dan ayah dari Saktyawira. Menyelesaikan pendidikan di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Mencintai profesi sebagai ...

Selengkapnya
Akhirnya Penantian Itu Tiba
Peserta Bimtek Penulisan Buku Pamong Belajar Angkatan 2

Akhirnya Penantian Itu Tiba

Tak seperti biasanya, selasa pagi kemarin saya bangun dengan antusias. Ini kali ke 3 dalam 1 bulan ini saya pergi ke Jakarta, kepergian sebelumnya adalah untuk urusan kedinasan lain terkait sinkronisasi dana alokasi khusus SKB dan yang kedua untuk sosialisi uji kompetensi pamong belajar dan penilik, kurang antusias karena hanya menjalankan tugas negara biasa. Acara hari ini berbeda, karena bisa dikatakan ini adalah acara khusus yang berhubungan dengan nasib diri sebagai pamong belajar. Bahkan saking istimewanya, tiket Garuda pulang pergi sudah langsung dipesan jauh hari sebelumnya, sesaat setelah mendapatkan surat undangan.

Perjalanan Semarang-Jakarta tak terasa lama, hanya 50 menit dan pada pukul 11.15 WIB telah sampai di bandara Soekarno-Hatta. Hotel Allium tempat tujuan tidak begitu jauh dari bandara, beralamat di Jalan Benteng Betawi, Kota Tangerang. Jika melihat dari fasilitasnya, pasti termasuk hotel berbintang seperti standar hotel yang biasa digunakan Subdit PKPK, Direktorat GTK PAUD dan Dikmas.

Bimbingan teknis kali ini agak berbeda dengan bimbingan teknis sebelumnya karena terkait pengembangan profesi pembuatan atau penyusunan buku. Sudah menjadi rahasia umum bahwa di Indonesia jumlah guru, pengawas, penilik maupun pamong belajar paling banyak berada pada pangkat Pembina/Golongan IV a. Hal tersebut disebabkan karena para pejabat fungsional tersebut tidak mampu menyusun atau tidak memiliki angka kredit yang dipersyaratkan pada unsur pengembangan profesi. Bimbingan teknis ini berbeda karena para calon peserta diminta untuk mengirimkan naskah 700 kata yang kemudian diseleksi oleh panitia. Peserta dari penilik berjumlah 40 orang dan dari pamong belajar berjumlah 40 orang, para peserta yang diundang tersebut naskahnya telah lolos seleksi. Di hari pertama bimbingan teknis dimulai pukul 15 30 dan dibuka oleh Kepala Subdit Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karir, Direktorat PGTK PAUD dan Dikmas, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jadwal bimtek ini sangat ketat dan padat. Setiap hari pelatihan dimulai pada pukul 6.50 dan sesi berakhir pada pukul 22.30. Peserta diharuskan hadir tepat waktu dan akan dicatat apabila terlambat atau tidak mengikuti sesi. Namun di kelas Pamong Belajar Angkatan 2 ini peserta semuanya hadir rata-rata tepat waktu karena semua memang antusias untuk mengikuti Bimtek ini. Nara Sumber bimtek ini didatangkan langsung dari Media Guru. Hari kedua diawali paparan dari bapak Muhammad Ihsan kemudian di kelas kami ada 2 orang narasumber lagi yang nantinya juga akan mendampingi kami sampai pengumpulan naskah buku. Nara Sumber kami tersebut adalah Ibu Sri Subekti dan Ibu Wafi, keduanya berasal dari Jawa Timur. Bimtek ini terasa sangat menyenangkan karena dua narasumber sangat baik dan murah hati berbagi ilmu dan pengetahuan bahkan semua paparannya dibagikan kepada kami secara gratis. Kami dibimbing dengan sabar walaupun sebagian besar dari kami baru menulis pertama kali. Saya juga sangat senang bertemu dengan teman-teman pamong belajar mulai dari Aceh, Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Semua peserta berharap setelah selesai Bimtek ini minimal semua dapat menyusun satu buku dengan semboyan satu pamong satu buku.

Terlepas dari itu semua, saya pribadi berharap bahwa impian selama ini untuk bisa menulis buku bisa tersalurkan. Saya merasa bahwa dalam pikiran saya ada banyak hal yang harus dituangkan, ditulis, dan dibagikan dengan orang lain. Pikiran-pikiran dan pengalaman-pengalaman saya mungkin dapat bermanfaat bagi orang lain. Namun selama ini saya terkendala untuk memulai menulis tidak tahu harus mulai dari mana walaupun saya sering menulis makalah, namun untuk buku saya belum pernah!!! Itulah kenapa saya sangat antusias untuk mengikuti Bimtek ini. 😊

Semoga bimtek ini bermanfaat. Hidup Pendidikan Non Formal!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah, semoga barokhah mas...

10 Oct
Balas
search